PENGENALAN INTERNET UNTUK PEMULA


PENGENALAN INTERNET UNTUK PEMULA

Pendahuluan
Siapa yang belum tahu tentang internet? Saat ini hampir semua orang tahu internet dan tahu bagaimana menggunakannya untuk kehidupan sehari-hari. Internet adalah sumber informasi, sekumpulan komputer yang terhubung satu sama lain, tempat chatting, browsing dan lain sebagainya. Semua perkataan di atas ada benarnya tergantung dari sudut dan lapisan mana kita melihatnya. Melalui tulisan ini penulis akan mencoba menyajikan pengenalan mengenai internet khususnya bagi pemula yang mungkin baru mendengar atau terjun menggunakan internet.

Jaringan komputer
Berbicara mengenai internet tentu tidak lepas dari yang namanya jaringan komputer. Apa itu jaringan komputer? Jaringan komputer bisa dikatakan sebagai suatu kumpulan komputer yang terhubung satu sama lain melalui perangkat keras dan juga perangkat lunak. Hubungan dalam arti perangkat keras maksudnya adalah komputer-komputer ini terhubung secara fisik misalnya melalui sambungan telepon, fiber optic, ethernet, router, gateway dan juga komputer itu sendiri. Sedangkan perangkat lunak membuat perangkat-perangkat keras tadi bisa berkomunikasi dan bertukar data satu sama lain. Jaringan komputer juga bersifat interoperable yang artinya berbagai macam komputer yang berbeda tadi dan bahkan juga menggunakan sistem operasi yang berbeda dapat saling terhubung dan berkomunikasi satu sama lain selama mereka mengikuti suatu protokol standar yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Bagaimana dengan internet?
Internet bisa dikatakan sebagai suatu jaringan yang menghubungkan banyak jaringan yang lain. Internet sifatnya sangat global dan tidak tersentralisasi. Internet juga identik dengan service yang berjalan di atasnya seperti web, e-mail, ftp dan lain sebagainya.

Apa yang membuat internet bisa berjalan dengan baik? Semua itu diatur dengan yang namanya protokol. Protokol adalah suatu tata cara atau aturan yang disepakati oleh semua pihak untuk melakukan suatu service tertentu, misalnya bagaimana cara meng-configue hardware, menulis aplikasi program dan lain sebagainya. Internet sendiri berbasis pada protokol yang bernama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Pada lapisan atas dari TCP/IP ini berjalan pula protokol-protokol untuk aplikasi seperti SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) yang mengatur tata cara e-mail, HTTP (Hypertext Transfer Protocol) yang mengatur tata cara berselancar di internet berbasis hypertext atau juga FTP (File Transfer Protocol) yang mengatur tata cara mengirim file dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Bagaimana jika tidak ada protokol yang mengatur semua itu? Internet maupun service-service yang ada di atas intenet tidak akan bisa berjalan jika tidak ada protocol.

Beberapa tools yang ada di internet
Seperti sudah dikatakan sebelumnya bahwa di internet ada banyak sekali service yang bisa kita nikmati baik untuk kepentingan pencarian informasi, riset, pendidikan dan juga bahkan hiburan. Ada tool-tool yang penulis rasa harus dibahas di sini seperti:

* Web browser, digunakan untuk membaca informasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca berita, bermain game, menulis blog, mengirim e-mail dan lain sebagainya. Ini bisa dikatakan sebagai tool paling populer dan sering kita gunakan sehari-hari. Contoh produknya adalah Internet Explorer, Opera dan juga Firefox.
* E-mail, digunakan untuk mengirimkan pesan elektronik ke suatu alamat elektronik lainnya. Contoh dari alamat elektronik misalnya seperti indah@plasa.com. E-mail juga merupakan aktifitas yang sering dilakukan oleh pengguna internet saat ini, apalagi dalam lingkungan organisasi atau perusahaan. Contoh produknya e-mail client misalnya Microsoft Outlook, Eudora, The Bat dan lain sebagainya. Sedangkan contoh e-mail server misalnya seperti qmail, postfix, MDaemon, MS Exchange, Lotus Domino dan lain sebagainya.
* Chat, digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain secara real-time. Contoh aplikasinya seperti Yahoo! Messenger, ICQ, Skype, IRC, MSN Messenger dan lain sebagainya. Di sini Anda bisa ngobrol dengan rekan Anda dengan santai dan bahkan saat ini chatting ini sudah dilengkapi dengan fasilitas voice dan video chat.
* Threaded discussions, ini digunakan untuk berdiskusi dengan orang lain yang memiliki satu kesamaan tertentu, misalnya suatu komunitas, suatu kelompok tertentu atau suatu golongan tertentu. Diskusi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan membentuk mailing list di Yahoogroups, membuat web forum dengan aplikasi phpBB dan lain sebagainya.
* FTP, digunakan untuk melakukan transfer file dari satu lokasi ke lokasi yang lainnya. Misalnya melakukan transfer dari komputer Anda ke komputer server hosting Anda.
* Netconferencing, digunakan untuk melakukan konferensi dengan grup atau orang lain. Ini sama seperti chat, hanya saja kadang-kadang dilengkapi dengan fasilitas voice chat dan video chat dengan menggunakan webcam. Dengan kecepatan internet yang semakin baik saat ini maka layanan netconference akan semakin enak untuk diikuti.
* Document management, digunakan untuk mengatur dokument atau konten yang Anda miliki agar mudah dicari. Ini biasanya diimplementasikan dengan menggunakan aplikasi Content Management System yang handal. Misalnya Anda memiliki situs di internet yang mengelola banyak informasi dan dokumen, maka penggunaan CMS tidak bisa ditawar-tawar lagi. Salah satu contoh CMS yang bagus dan open source adalah Mambo (www.mamboserver.com).

Sistem alamat pada internet
Bagaimana setiap komputer yang terhubung ke internet bisa dikenali satu sama lain? Jawabannya adalah dengan menggunakan sistem alamat di internet. Setiap komputer atau device yang terhubung ke jaringan internet harus memiliki yang namanya IP address atau alamat IP. Suatu IP address adalah sebuah nomor yang unik dan bisa dikenali di internet. Setiap komputer yang terhubung secara langsung ke internet harus memilikinya. IP address saat ini terdiri dari kumpulan angka dari 0-255 dalam empat blok atau oktet dan dipisahkan oleh tanda “.”. Contoh alamat IP atau IP address adalah 202.152.0.234. Karena manusia tidak bisa mengingat angka-angka ini dengan baik, maka kemudian dikenalkan istilah domain, yaitu suatu kata yang bisa merepresentasikan angka-angka IP tadi dengan sesuatu yang mudah diingat. Misalnya contoh IP 203.123.22.45 sama dengan http://www.google.com atau 69.63.222.1 sama dengan http://www.sony-ak.com dan lain sebagainya. Secara umum sistem alamat pada internet di atas bertujuan untuk mengidentifikasi orang, komputer atau suatu resource di internet.

Sebagai contoh sekarang kita ambil suatu alamat e-mail seperti berikut ini, redbox@logica.com. Di sini bisa dikatakan bahwa redbox adalah nama user yang ada pada domain logica.com.

Dampak sosial, politik dan ekonomi dari internet
Saat ini internet bisa dikatakan sebagai suatu tool atau media komunikasi yang digunakan dalam semua bidang kehidupan, baik itu sosial, ekonomi, politik, militer dan lainnya. Jika Anda tidak bisa menggunakan komputer, apalagi tidak menggunakan internet maka Anda tidak akan bisa berpartisipasi dalam dunia komunikasi global, pendidikan, hiburan dan perdangangan. Kalimat tersebut tidak terkesan muluk-muluk karena memang internet bisa membantu tingkat kehidupan seseorang apabila digunakan dengan baik.

Sekilas mengenai kelahiran internet
Internet dimulai sekitar tahun 60-an sebagai suatu proyek dari Department of Defence Amerika Serikat dan diberi nama ARPANET. Mereka membuat suatu spesifikasi jaringan komputer yang tahan banting sehingga jaringan ini harus tetap bisa bekerja bila salah satu bagiannya hancur atau rusak. Tahun 1985 NFS membuat sebuah backbone internet yang membolehkan akses gratis bagi semua grup riset yang ada di Amerika Serikat. Kesuksesan ini kemudian diikuti oleh grup-grup lain seperti Sprint dan MCI yang juga membuat jaringan mereka sendiri dan akhirnya dihubungkan ke NFS.

Mari terkoneksi dengan internet
Jika Anda ingin terhubung ke internet maka ada banyak cara yang bisa ditempuh. Salah satunya adalah dengan menggunakan jasa ISP atau Internet Service Provider. Untuk bisa terhubung ke ISP maka Anda harus memiliki perangkat-perangkat yang memadai yaitu komputer, modem, network card dan lain sebagainya. Di sisi perangkat lunak maka Anda harus siapkan driver dari modem, driver ethernet card, web browser, e-mail client dan lain sebagainya. Modem adalah perangkat keras yang terhubung dengan jaringan telepon dan nantinya akan terhubung dengan modem yang ada pada sisi ISP. ISP saat ini sudah banyak menawarkan jasa internet tidak hanya melalui jaringan telepon, tapi juga lewat GPRS pada telepon genggam Anda. ISP memberikan berbagai pilihan akses seperti dengan menggunakan dial-up, kabel, broadband satelit atau juga wireless radio. Dalam memilih ISP pertimbangkan berbagai hal, seperti biaya, jangkauan, kecepatan, reliabilitas, support dan juga kemudahan dalam penggunaannya.

0 komentar Link ke posting ini

PENGENALAN INTERNET 1

Pengenalan Internet

Internet

Interconnected Network – atau yang lebih populer dengan sebutan Internet – adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung – secara langsung maupun tidak langsung – ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan unique name yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit. Contoh: 202.155.4.230 . Komputer dan jaringan dengan berbagai platform yang mempunyai perbedaan dan ciri khas masing-masing (Unix, Linux, Windows, Mac, dll) bertukar informasi dengan sebuah protokol standar yang dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP tersusun atas 4 layer (network access, internet, host-to-host transport, dan application) yang masing-masing memiliki protokolnya sendiri-sendiri.

World Wide Web

Di layer teratas protokol TCP/IP terdapat beberapa protokol untuk berbagai jenis layanan yang sering digunakan orang. Protokol-protokol tersebut antara lain adalah:

· SMTP (Simple Mail Transport Protocol) untuk layanan E-Mail (Electronic Mail),

· FTP (File Transfer Protocol),

· IRC (Internet Relay Chat),

· Telnet, dan yang paling terkenal:

· HTTP (HyperText Transfer Protocol) untuk layanan World Wide Web (WWW).

WWW adalah layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat karena dengan layanan ini kita bisa menerima informasi dalam berbagai format (multimedia). Untuk mengakses layanan WWW dari sebuah komputer (yang disebut WWW server atau web server) digunakan program web client yang disebut web browser atau browser saja. Jenis-jenis browser yang sering digunakan adalah: Netscape Navigator/Comunicator, Internet Explorer, NCSA Mosaic, Arena, Lynx, dan lain-lain.

Situs Web dan Homepage

Informasi-informasi yang terdapat di WWW dikemas dalam bentuk halaman-
halaman web (web page). Sekumpulan halaman web milik seseorang atau suatu perusahaan dikumpulkan dan diletakkan dalam sebuah situs web (web site) sedangkan homepage adalah istilah untuk menyebut halaman pertama yang akan muncul jika sebuah situs web diakses. Setiap halaman dan situs dalam WWW memiliki alamat yang unik dan khas yang disebut sebagai URL (Universal Resource Locator). URL mempunyai bentuk dasar:

protocol://hostname/[path/[filename]]

Contoh URL salah satu situs web:

http://www.novavista.com.sg/default.htm

HyperText Markup Language

Halaman web adalah sebuah dokumen HTML, artinya, untuk menulis sebuah halaman web digunakan HTML (HyperText Markup Language), yaitu suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (disebut sebagai Tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar.
Dokumen HTML sebenarnya hanya berupa dokumen teks biasa (tujuannya agar dapat dengan mudah dipindah-pindahkan antar berbagai platform), namun kelebihannya dari dokumen yang lain adalah: dengan HTML dapat dilakukan pemformatan teks, peletakan gambar, suara dan elemen-elemen multimedia yang lain, dan yang terpenting adalah hypertext, yakni teks yang berfungsi sebagai suatu penghubung (hyperlink atau link) antara halaman web yang satu dengan halaman web lainnya. Link-link inilah yang menjadi ciri khas dan sekaligus membentuk World Wide Web, yaitu jaringan halaman-halaman web yang saling terhubung satu sama lain.

HTML Tag

Untuk membangun suatu situs atau halaman web, orang terlebih dahulu harus mengerti tentang HTML. HTML terdiri dari tag-tag yang mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing. Tag adalah kode yang berada di antara tanda < dan >. Bentuk umum dari suatu tag adalah: teks.. . Tag-tag tersebut ditulis secara berpasangan. Saat program browser menampilkan suatu halaman web, browser tersebut akan mencari tag pembuka, kemudian menampilkan teks dengan bentuk yang sesuai dengan definisi dari tag tersebut dan kemudian mencari tag penutup sebagai batasannya. Tidak semua tag harus ditulis berpasangan karena ada beberapa tag tertentu yang hanya perlu ditulis tunggal saja.

Web Authoring

Membangun suatu halaman web dapat dilakukan secara manual, dalam pengertian bahwa pembuat halaman web (web author) harus menuliskan tag satu-persatu beserta teks-teks yang menjadi isinya. Namun kini telah banyak beredar program-program yang dapat membantu web author menyusun suatu halaman web tanpa harus kesulitan untuk menuliskan dan menghafalkan tag-tag HTML satu-persatu. Program-program tersebut sering dikenal dengan nama HTML editor, yakni program text processing yang khusus menangani pembuatan halaman web. Program- program ini dengan kelebihannya masing-masing sangat membantu para pembuat dalam menghemat waktu dan tenaga dalam proses penyusunan halaman web. Program HTML Editor yang sering digunakan adalah: Adobe PageMill, Netscape Composer, MS Frontpage, HotMetal Pro, dll.

Web Hosting dan Domain Name

Setelah halaman web selesai dibangun, maka selanjutnya menampilkan halaman web ini di Internet sehingga dapat dikunjungi oleh pengguna Internet di seluruh dunia. Untuk itu maka perlulah kiranya halaman web ini disimpan didalam komputer yang dapat pula diakses dari Internet. Penyimpanan halaman web ke dalam komputer ini dinamakan web hosting. Komputer ini untuk dapat diakses dari Internet harus mempunyai alamat yang khas yang dikenal pula di Internet. Sebagaimana yang diuraikan di atas (section Internet), unique address ini dinamakan IP address. Selain memiliki unique address ini, komputer tersebut juga harus mempunyai nama host dan domain yang unique pula yang diatur dalam domain name.

Contoh :

http://www.smansablora.sch.id

http:// merujuk kepada protocol hyper text transfer protocol

www merujuk kepada hostname komputer yang diisikan halaman web smansablora.sch.id merujuk kepada domain name

Advertisements
  • Halaman

  • December 2009
    M T W T F S S
    « Oct   Jan »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  
  • RSS 20 Newest Free

  • RSS Brothersoft

  • RSS New Software

  • AntiVirus

  • Status Anda

    IP
  • Pengunjung

    free counters
  • Blog Stats

    • 343,231 hits
  • Add to Google Reader or Homepage Subscribe in NewsGator Online Add to netvibes Subscribe in Bloglines Add to fwicki Add to Webwag Powered by FeedBurner

  • Friends Link

  • RSS Kompas

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • RSS Lowongan Kerja Terbaru 2013

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • RSS Unknown Feed

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Info Tentang AQ

  • Meta

  • %d bloggers like this: