Jambu Biji dan Manfaatnya


Oleh: AsianBrain.com Content Team

/*Jambu biji*/ dengan nama ilmiah (*/Psidium Guajava/*) sudah banyak dimanfaatkan sebagai herbal pengobatan selain dikomsumsi langsung dengan rasa yang lezat. Tanaman jambu biji ini banyak tumbuh di negara-negara Asia.

Dengan bentuk buah yang bundar, warna buahnya hijau atau kuning apabila sudah masak, dagingnya berwarna merah atau putih, banyak biji yang kecil-kecil dan keras dengan di selimuti oleh zat lembut seperti bubur yang rasanya manis.

Dengan mengkomsumsi langsung baik yang sudah masak atau setengah matang atau yang sudah di oleh menjadi selai dan jelly. Hal ini disarankan karena kandungan gizinya yang banyak. Jambu biji banyak tumbuh di India.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam Jambu biji adalah sebagai berikut :

* Vitamin C (yang terkandung dalam kulitnya memiliki 5 kali lipat Vitamin C dibanding dengan jeruk).
* Vitamin A dan B
* Kalsium
* Asam Nicotinic
* Phosphorus Fosfor
* Potassium
* Zat Besi
* Asam Folic
* Serat.

Dengan kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya tersebut, maka manfaat Jambu Biji untuk kesehatan, diantaranya :

* *Diare dan Disentri :* Jambu biji sangat kaya zat pengikat (persenyawaan zat yang terkandung dalam jambu dengan zat dalam mulut kita pada saat mengunyah daun jambu atau jambu biji mentah maka kita akan merasa segar) zat tersebut yang membantu mengikat usus pada penderita diare. Jambu biji ini mengandung zat alkaline alami, desinfektan dan anti bakteri sehingga membantu dalam penyembuhan disentri yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroba dan mengurangi produksi lendir yang berlebih dari usus. Selanjutnya dengan kandungan lain dalam jambu biji seperti vitamin C dan Potassium Carotenoids akan membantu memperkuat system pencernaan dalam mengatasi bakteri tersebut.
* *Sembelit :* Salah satu zat yang bermanfaat yang terkandung dalam jambu biji adalah serat pangan, serat ini berguna untuk mencegah berbagai penyakit degenerative, seperti kanker usus besar (kanker kolon) karena sifatnya yang bisa larut dalam air sehingga dapat membantu pengeluaran residu hasil produksi tubuh yang tidak bermanfaat lagi melalui proses buang air besar. Menurut penelitian bahwa tidak lancarnya pembuangan kotoran (sembelit) dapat mengakibatkan 72 buah jenis penyakit sehingga dengan lancarnya proses pembuangan yang dihasilkan dari pencernaan tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.
* *Batuk dan Pilek :* Dengan menjus jambu biji yang masih muda atau herbal dari rebusan daun jambu biji sangat bermanfaat untuk mengatasi batuk dan piilek, mengurangi lender, melonggarkan saluran pernapasan, tenggorokan dan paru-paru. Jambu biji dikatakan buah yang sangat istimewa karena memiliki kandungan zat gizinya yang tinggi, seperti vitamin C, potasium, dan besi. Vitamin C dosis tinggi yang terkandung dalam jambu biji tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai infeksi. Dengan demikian kita tidak mudah menjadi sakit, seperti flu, batuk, demam, dan lain-lain.
* *Perawatan Kulit :* Jambu biji dapat bermanfaat untuk memperbaiki tektur kulit lebih baik apabila dibandingkan menggunakan krim atau toner kulit kimia yang biasa kita pergunakan sehari-hari. Kandungan zat yang terkandung dalam buah biji tersebut terutama dengan mengkomsusmi buah yang setengah matang dan daunnya atau dengan mencuci kulit dengan rebusan kulit luar pohon jambu biji, buah serta daun yang masih muda maka dapat membantu mengencangkan otot kulit yang sudah kendor. Selain zat tersebut jambu biji juga sangat kaya dengan vitamin A, B dan C serta potassium yang sangat baik sebagai antioksidan sehingga kulit Anda akan tetap segar dan bebas dari noda, keriput dan penyakit kulit lainnya yang berbahaya. * *Tekanan Darah Tinggi:* Jambu Biji dapat membantu untuk mengurangi kolesterol yang terkandung dalam darah. Penelitian sudah menunjukan bahwa kandungan potasium sekitar 14 mg/100 gram buah, yang mana zat potasium bermanfaat untuk meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan sel tubuh, serta menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).
* *Menurunkan Berat Badan :* Jambu biji sangat berguna bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan karena kandungan yang terdapat didalamnya berupa vitamin, protein dan serat serta tanpa kolesterol dan kurang mudah mencerna karbonhidrat sehingga dengan mengkomsumsi jambu biji pada siang hari, maka kita tidak akan merasa lapar sampai malam bahkan bagi yang kurus berat tubuhnya akan tetap ideal hal itu terjadi dikarenakan kekayaan gizi yang terkandung didalamnya akan membantu menjaga metabolisme dan membantu penyerapan gizi.
* *Manfaat lain dari jambu biji untuk kesehatan diantaranya* : membantu mengendalikan diabetes, mengurangi resiko kanker, gusi yang bengkak dan tanggal gigi, menyembuhkan luka apabila diterapkan sebagai obat luar, kejang-kejang, epilepsi, infeksi
bakteri dan lain sebagainya. *Tentang Penulis*: http://www.AsianBrain.com

Advertisements
  • Halaman

  • January 2010
    M T W T F S S
    « Dec   Aug »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    25262728293031
  • RSS 20 Newest Free

  • RSS Brothersoft

  • RSS New Software

  • AntiVirus

  • Status Anda

    IP
  • Pengunjung

    free counters
  • Blog Stats

    • 347,938 hits
  • Add to Google Reader or Homepage Subscribe in NewsGator Online Add to netvibes Subscribe in Bloglines Add to fwicki Add to Webwag Powered by FeedBurner

  • Friends Link

  • RSS Kompas

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • RSS Lowongan Kerja Terbaru 2013

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • RSS Unknown Feed

    • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
  • Info Tentang AQ

  • Meta

  • %d bloggers like this: